10 RAHASIA TERSEMBUNYI WHATSAPP (WA) ?

Fitur WhatsApp Yang Tersembunyi
TEKNOLOGI - Aplikasi WhatsApp ternyata memiliki beberapa fitur yang tersembunyi. Namun tidak rahasia sebagaimana tertera pada judul postingan, sebenarnya fasilitas WA yang tak banyak diketahui ini bisa diakses jika mengetahui caranya.

Pengguna WhatsApp bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal yang penting, seperti menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga menyimpan percakapan ke dalam bentuk teks.

Berikut ini 10 (sepuluh) dari beberapa fitur tersembunyi di WhatsApp :

1. Menyembunyikan “Last Seen”
WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Namun bila hal ini dirasa mengganggu privasi, Anda bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut.

Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. Anda akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Anda tinggal memilih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut.

2. Backup percakapan
Anda bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali. Caranya pun mudah.

Pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive.

Cukup dengan memasukkan akun Gmail Anda, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis.

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks
Pengguna WhatsApp bisa menyimpan berbagai percakapan mereka ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila Anda termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan.

Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat.

Selanjutnya Anda bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Setelah memilih akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.

4. Blokir kontak
Sering mendapatkan pesan spam dari orang tak dikenal? Blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur tersebut dan bisa diakses dengan mudah.

Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.

5. Menghentikan download otomatis
Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data.

Anda bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp Anda tidak otomatis terunduh.

Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut.

Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

6. Tanda bintang
Anda bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon.

Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut.

Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, Anda cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”.

7. Sembunyikan tanda read
Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru. Bila Anda tak ingin lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, Anda bisa mengubahnya.

Masuk ke menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, Anda akan menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di bilah tersebut untuk menon-aktifkannya.

8. Huruf tebal dan miring
WhatsApp kini bisa menampilkan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.

9. Colek teman di grup
WhatsApp mempunyai fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

10. Membalas pesan yang sudah tenggelam di grup
Jika ingin mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim pesan itu. Anggota grup akan paham bahwa Anda sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang. 

Sumber : tekno.kompas.com
Diposting oleh NEDI ARWANDI
Blogger Muaradua OKU Selatan Updated at: Selasa, 17 Oktober 2017

Posted by : Nedi Arwandi ~ Blogger Muaradua OKU Selatan

nedi-arwandi Kunjungan Anda sangat berharga buat kami. Saran dan ide Anda, kami harapkan untuk perbaikan situs ini. Bila Anda menyebarkan informasi yang berasal dari situs ini diharapkan mencantumkan tautan link aktif ke sumber postingan pada situs ini. Jazaakumullah Khairal jazaa'.SEMOGA TERJALIN PERSAUDARAAN YANG ERAT.

35 komentar :

  1. Info yang sangat bermanfaat. Makasih banyak ya infonya.

    BalasHapus
  2. Jadi lebih maksimal bersama WA an mas, sipp

    BalasHapus
  3. Dan rahasia pun terbongkar sudah hehe
    terima kasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Sitti Taslimah : ya, mbak Sitti, oke.
      @Wong Crewchild : siip, sbagai media komunikasi tentunya
      @Maya : rahasia umum yg sdh dketahui oleh umum....hehe

      Hapus
  4. nomer 1 dan 7 fitur wa yang ngeselin..
    (korban ddiemin chatnya) huh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...mungkin oragnya lg sibuk trus lupa

      Hapus
  5. Kalau saya biasanya hanya blokir dan menghilangkan/menghentikan donwload otomatis. Kalau yang lainnya belum pernah mencoba.
    Hape saya jenis windows belum android sehingga belum bisa merasakan semua manfaat tersembunyi WA tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows Phone unggul pd keamanan dan daya serta eklusif, sedang Android unggul pd aplikasi yg didukung lebih 1 juta aplikasi pihak ketiga.....dua2nya canggih tentunya dipakai sesuai kebutuhan penggunanya

      Hapus
  6. aku suka ngemuge notif grup wa
    kadang kebanyakan sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang klo udah banyak ngikut group WA, dri pesan yg penting sampai yg sangat tidak penting pun HPnya kan memberi "pengumuman" pd si-empunya, tinggal non aktifin notofikasi pesan WA yg bukan prioritas...bener banget kang Zayn

      Hapus
  7. Penjelasan fitur"nya sangat detail, thanks inponya gan

    BalasHapus
  8. Nah kalau supaya kita liat status orang lain di WA, namun dia gak tahu bahwa kita liat sttaus/gambarnya,, itu gimana yah, ?? soalnya kan kehitung ? soalmya saya kepoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..duh kang ku yg kepo.....(apa ya kepo ? saya aja ndak "mudeng" efek kurang gaul..hehehe)....bolehlah nanti dibahas lebih lanjut ttg trik WA lainnya

      Hapus
  9. Mantap mas makasih sharingnya ya.. td syaa sudah praktekan yang point 7, biar lebih privasi nya terjaga ya mas.. thanks informasinya ya

    BalasHapus
  10. Ada satu lagi mas bro... huruf tulisan bisa dibuat menjadi monospace alias fixedsys.... caranya tambah ''' di depan kata dan dibelakangnya .... oh iya, untuk menampilkan komentar di dalam postingan...saya sendiri belum tau caranya... sepetinya dibutuhkan script khusus :)

    BalasHapus
  11. Ini nih, ahirnya ketemu juga. Saya lagi nyari cara blokir kontak. Disini ternyata.

    BalasHapus
  12. No 5 perlu saya terapkan , pantes sering download otomatis, lah kalau video ya jadi lumayan ukurannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @VeriAsha :Oke,Sob.....
      @Dwisu :Bner mas Dwi, klo dak diaktifkan, paket data habis utk hal yg dak penting

      Hapus
  13. PERKONGSIAN BERMANFAAT TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga selalu bisa berbagi yg bermanfaat, Kak Paridah

      Hapus
  14. asli deh ini bermanfaat banget, thanks mas nedi udah sharing

    BalasHapus
  15. Banyak banget mas pengaturan app WA, saya malah jarang utak atik, udah bisa gabung grup aja udah seneng, hehe...

    BalasHapus
  16. Blum nemu cara ga dptin notifikasi merah mas meski dah dimute

    BalasHapus
  17. Wah, aku dapet pencerahan maen kesini, makasih, Mas. Udah aku coba barusan yang ngilangin tanda read. Nice info :)

    BalasHapus
  18. kalo aku palingan sering nulis pakai huruf tebal, miring, sama teks dicoret itu doang, mas. haha. maklum orang susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah satu lagi mas, nuluis pake huruf terbalik bisa gak, wkwk..

      Hapus
  19. Last Seen ini yang saya butuhkan, soalnya kalau keliatan lagi online pasti banyak cewek cewek yang chat haahah

    BalasHapus
  20. poin ke 7 agak jahat bang kayaknya,, hiks..

    BalasHapus
  21. banyak fiturnya menjadikan Whatssapp lebih favorit ketimbang bbm

    BalasHapus
  22. Wah wah baru tau saya, ternyata WA banyak triknya Juga

    BalasHapus
  23. asli saya taunya cuma menggunakan aja, ternyata banyak setingan yang kayaknya perlu diterapkan. terima kasih bang infonya.

    BalasHapus