KESEDERHANAAN PRESIDEN IRAN

presiden-iran-ke6
PRESIDEN IRAK - Mahmoud Ahmadinejad , presiden Iran ke-6 lahir pada tanggal 28 Oktober 1956 di daerah Garmsar, desa Aradan dengan nama Mahmoud Sabourjian. Beliau adalah anak keempat dari tujuh bersaudara.
Ayahnya bernama Ahmad Sabourjian seorang Tukang Besi. Sedangkan ibunya bernama Khanom adalah seorang Sayyidah. Sayidah adalah gelar yang diberikan kepada wanita yang keluarganya diyakini memiliki keturunan darah dengan Nabi Muhammad.

Sabourjian adalah nama belakang Mahmoud juga ayahnya. Nama belakang ini berasal dari bahasa Persi yang artinya pelukis karpet. Hal ini dimaksud sebagai nisbat pekerjaan nenek moyangnya juga penisbatan pada kampung Aradan tempat kelahiran beliau yang merupakan pusat pembuatan, penenunan dan pelukisan karpet.

Ketika Mahmoud Sabourjian berusia 1 tahun, Keluarga Ahmad pindah ke Teheran. Dan nama Mahmoud Sabourjian pun diganti menjadi Mahmoud Ahmadinejad.

Nama baru itu dipilih karena ia memiliki arti “ras Ahmad”, sebuah nama yang diberikan kepada Nabi Muhammad. Menurut keluarga Ahmadinejad nama baru itu menekankan kesalehan keluarga dan dedikasi mereka terhadap agama.

Alasan ayahnya mengganti nama panggilan adalah karena perjuangan kelas (class struggle) di Iran. Masa itu merupakan hal biasa untuk memakai nama panggilan. Hal ini membuat mereka mudah dikenal sebagai warga kota. 

Dalam banyak kasus mereka mengganti nama panggilan untuk pindah ke Teheran dengan tujuan menghindari keangkuhan dan diskriminasi dari warga ibu kota. Karena nama Sabourjian bisa menjadi bahan olokan karena dianggap menunjukkan kelas rendah pada status masyarakat kota .




KARIR AHMADINEJAD DI PEMERINTAHAN

Pada tahun 1980,
Ahmadinejad menjadi ketua perwakilan IUST (Iran University of Science and Technology) untuk perkumpulan mahasiswa se-Iran.

Pada tahun 1986,
Ahmadinejad bergabung dengan Korps Pengawal Revolusi Islam dan kemudian diangkat menjadi insinyur kepala pasukan keenam Korps dan kepala staf Korps di sebelah barat Iran.

Pada tahun 1993 sampai tahun 1997,
Ahmadinejad bertugas sebagai wakil gubernur dan gubernur Maku dan Khoy, Penasehat Menteri Kebudayaan dan Ajaran Islam, dan gubernur provinsi Ardabil.

Pada bulan Mei 2003,
Ahmadinejad terpilih sebagai walikota Teheran. Selama menjabat sebagai walikota, Ahmadinejad menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan-kegiatan di pusat kebudayaan Teheran.

Pada tahun 2005,
Ahmadinejad akhirnya terpilih menjadi Presiden keenam Iran setelah memenangkan 62 persen suara dalam Pemilu.




KESEDERHANAAN AHMADINEJAD

Ketika menjabat Walikota Teheran, kemana pun beliau pergi selalu menyetir mobilnya sendiri, dan sering mengamati sendiri dan melihat langsung setiap sudut kota dan kondisi masyarakatnya.

Ketika terpilih sebagai presiden Iran , karpet-karpet merah Persia yang mahal seluruhnya dikeluarkan dari istana kepresidenan dan disumbangkan kepada masjid-masjid di Teheran, menolak mobil limosine dan tetap setia menggunakan mobil tuanya serta tetap menikmati tinggal di rumah susun-nya.

Belum lama ia terpilih sebagai presiden, seluruh menteri-menterinya diberi sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan agar menteri-menterinya untuk tetap hidup sederhana dan setiap rekening pribadi ataupun kerabat dekat para menteri akan selalu diawasi sehingga pada saat menteri-menteri tersebut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak dan terhormat.

Setelah ia menjabat sebagai presiden, ia yang pertama kali mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum dan satu-satunya uang masuk adalah uang gaji bulanannya yaitu gajinya sebagai dosen di sebuah universitas.

mobil-tua-ahmadinejad
Walaupun ia sudah menjabat sebagai presiden namun ia masih tinggal di rumah sederhananya. Padahal ia adalah seorang presiden dari sebuah negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

rumah-ahmadinejad

Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya. Bahkan ruang kerjanya pun nampak sangat bersahaja yang dikelilingi para stafnya.

ahmadinejad-bersama-stafnya-di-ruang-kerja

Staf kepresidenan beliaupun sempat terkagum-kagum terhadap kebiasaan harian Ahmadinejad yang selalu membawa tas yang berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan bahagia tanpa beban, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Perubahan yang beliau lakukan lainnya adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, beliau mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat, beliau meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Beliau juga memotong protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan.

Ketika harus menginap di hotel, karena beliau tidak suka tidur di atas kasur maka beliau meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar.

Ahmadinejad juga pernah tertidur di ruang tamu rumahnya setelah bebas dari pengawal-pengawal pribadinya yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut Koran Wifaq, poto tersebut diambil oleh adiknya kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia termasuk Amerika.

ahmadinejad-tertidur-tanpa-kasur

Bila sholat berjamaah dilaksanakan, beliau rela tidak duduk di shaf paling depan padahal beliau adalah seorang presiden .

ahmadinejad-sholat-berjamaah-di-shaf-tengah
Bahkan dalam acara pernikahan putera sulungnya yaitu Alireza Ahmadinejad dengan seorang putri Dirjen Pariwisata Iran hanya dilaksanakan layaknya pernikahan kaum Buruh. 

acara-sederhana-pernikahan-anak-ahmadinejad
pernikahan-putra-ahmadinejad
kesederhanaan-pernikahan-putra-ahmadinejad
Ketika acara berbuka bersama dengan anak-anak yatim yang juga dihadiri rekan sejawatnya dari Bolivia Eva Morales, nampak kesederhanaan beliau. Makan dengan ala lesehan dengan menu yang biasa dihidangkan pada rakyat biasa, beliau tanpa sungkan-sungkan menikmati hidangan tersebut dengan gembiranya.

berbuka puasa dengan anak yatim
ahmadinejad-rela-buka-puasa-dengan-sederhana
ahmadinejad-sederhana-dalam-buka-puasa
buka puasa dengan sederhana

Ketika mendapat undangan beribadah haji dari Raja Saudi Arabia pada tahun 2007, Ahmadinejad menolak pemberian fasilitas khusus yang biasa diberikan pada presiden-presiden muslim yang naik haji. Beliau dengan bangga malah naik mobil pick-up terbuka bersama dengan rakyatnya yang juga menunaikan ibadah haji.

naik haji ahmadinejad




PERNYATAAN AHMADINEJAD


Salah satu kata-katanya saat menjadi pembicara di Columbia University AS berkaitan dengan program nuklirnya adalah:
Kami ingin mempunyai hak untuk menentukan nasib kami sendiri di masa depan. Kami ingin independen. Jangan mengintervensi kami. Jika kalian tidak memberikan kepada kami suku cadang pesawat terbang sipil, mengapa kami harus berharap bahwa kalian akan memberikan kepada kami bahan bakar untuk pengembangan nuklir demi tujuan-tujuan damai?”.

Dilain kesempatan, beliau juga pernah mengatakan :
Program nuklir kami ditentang oleh negara yang setiap bulannya membangun 10 reaktor nuklir. Kalau memang energi nuklir berbahaya, mengapa mereka masih memilikinya? Dan kalau memang energi nuklir membawa begitu banyak kebaikan, mengapa kami tidak boleh memilikinya?

Pernyataan Ahmadinejad menanggapi kecaman Amerika tehadap program nuklir Iran :
Anda yang menciptakan dan menggunakan senjata biologis saat perang Irak-Iran. Anda yang menggunakan peluru ber-uranium. Apa hak Anda melarang kami (Iran) mengembangkan teknologi nuklir untuk energi dan perdamaian “.

Suatu ketika Ahmadinejad mendapat pertanyaan dari wartawan Jepang : Tuan Presiden, kenapa Anda masih mempertahankan pengembangan teknologi nuklir yang mengancam perdamaian dunia ?”

Beliau menjawab pertanyaan wartawan Jepang tersebut ``Anda seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan kami (Iran), Anda harusnya lebih khawatir kepada negara yang pernah menjatuhkan bom nuklir ke negara Anda.




KONTROVERSI AHMADINEJAD KETURUNAN YAHUDI

Berita yang menyatakan Ahmadinejad adalah keturunan Yahudi adalah berita yang sebarluaskan pertama kalinya oleh Koran Inggris , The Daily Telegraph yang diterbitkan pada tanggal 3 Oktober 2009.

Propaganda Amerika dan Israel melalui media massa bukanlah hal yang baru. Namun sayangnya sebagian situs muslim Indonesia pun ada yang termakan propaganda tersebut. Bahkan ikut andil menyebabkan kebencian pada Negara yang sebenarnya sedikitpun tidak merugikan masyarakat Indonesia.

Satu-satunya argumentasi Koran The Daily Telegraph dalam menyimpulkan bahwa Ahmadinejad adalah keturunan Yahudi adalah kesalahan dalam mengartikan nama asli Ahmadinejad, yaitu Mahmoud Sabourjian.

Istilah Sabourjian menjadi kontroversi setelah beliau menjabat 3 tahun sebagai presiden Iran. Sabourjian menurut Koran The Daily Telegraph adalah nama Yahudi terkenal di Iran. Artikel tersebut mengklaim bahwa Sabourjian berarti "penenun dari Sabour," nama untuk tallit Yahudi di Persia.

Professor David Yeroshalmi, penulis Yahudi Iran di Abad 19 dan seorang ahli komunitas Yahudi Iran, membantah kebenaran argumen tersebut. “Tidak ada arti apapun untuk kata sabour dalam dialek Yahudi Persia manapun, bukan juga penenun syal Yahudi di Persia.

Terlebih, nama Sabourjian bukan nama Yahudi ,” ucapnya dalam sebuah wawancara. Sedangkan Yeroshalmi, sarjana di Pusat Ilmu Iran Universitas Tel Aviv, juga membantah temuan artikel yang menyatakan bahwa akhiran “-jian” menujukkan bahwa keluarga itu mempraktikkan Yahudi. “Akhiran ini tidak cukup untuk menyatakan seseorang punya latar belakang Yahudi. Banyak nama panggilan muslim mempunyai akhiran yang sama,” tegasnya.

Atas penyeledikan lebih mendalam, penjelasan yang jauh berbeda tentang “Sabourjian” muncul. Menurut Robert Tait, koresponden Guardian yang pernah berkunjung ke desa keluarga Ahmadinejad pada tahun 2005.

Nama itu “berasal dari pelukis benang—sabor dalam bahasa Persia—sebuah hal yang lazim dan pekerjaan sederhana di industri karpet di provinsi Semnan, di mana Aradan berada.” Hal ini dibenarkan Kasra Naji, yang juga menulis biografi Ahmadinejad dan bertemu dengan keluarganya di desa. Menenun karpet atau mewarnai karpet bukanlah pekerjaan yang berhubungan dengan Yahudi di Iran.

Menurut Naji dan Tait, ayah Ahmadinejad yang bernama Ahmad  adalah seorang Syiah taat yang mengajarkan Quran sebelum kelahiran Ahmadinejad dan kemudian pindah ke Teheran. Ahmad Saburjian yang saleh ini membeli sebuah rumah dekat dengan husainiah, tempat agama yang biasa digunakan pada bulan Muharam untuk mengenang syahidnya Imam Husain.

-------------------------------------------------

Sumber :
  1. Ahmadinejad Resmi Presiden Iran. Sriwijaya Pos, 4 Agustus 2005 ( Indonesia ).
  2. LABIB, Muhsin; MUHARAM, Ibrahim; KAZHIM, Musa; HAMZAH, Alfian. AHMADINEJAD! David di Tengah Angkara Goliath Dunia. Jakarta: Penerbit Hikmah, 2006. ISBN 979-1140-05-7.
  3. Mahmoud Ahmadinejad di globalsecurity.org diakses pada 21 Mei 2008 ( Inggris ).
  4. Mahmoud Ahmadinejad revealed to have Jewish past ; http://www.telegraph.co.uk.
  5. Ahmadinejad has no Jewish roots ; http://www.guardian.co.uk.

----------------------------------------------------
Kesederhanaan ahmadinejad presiden iran dalam melayani rakyatnya. Layak jadi contoh bagi presiden lainnya.
Rating: 5.0
Posted by: Nedi Arwandi
BLOGGER MUARADUA,  Updated at: Minggu, September 9, 2012
Diposting oleh NEDI ARWANDI
Blogger Muaradua OKU Selatan Updated at: Minggu, 09 September 2012

Posted by : Nedi Arwandi ~ Blogger Muaradua OKU Selatan

nedi-arwandi Kunjungan Anda sangat berharga buat kami. Saran dan ide Anda, kami harapkan untuk perbaikan situs ini. Bila Anda menyebarkan informasi yang berasal dari situs ini diharapkan mencantumkan tautan link aktif ke sumber postingan pada situs ini. Jazaakumullah Khairal jazaa'.SEMOGA TERJALIN PERSAUDARAAN YANG ERAT.

63 komentar :

  1. inilah sosok presiden yang merakyat sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang Ashtho, kesederhanaannya layak ditiru oleh presiden lainnya.

      Hapus
    2. tapi kenyataan yang ada tidak seperti itu sobat, presiden yang sekarang lebih identik dengan kemewahan sobat...

      Hapus
  2. wow, hebat bnget. hidupx tetep sederhana walaupun udah jadi presiden. sangat peduli dgan rakyat dan santun...
    presiden idaman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo presiden kita memiliki kesederhanaan seperti beliau tentu para menteri dan pejabat lainnya tentu akan pikir 3x utk bermewh ria

      Hapus
  3. Saleum,
    aku salah satu yg menyukai ahmadinejat, baik dari gaya, prilaku dan ketegasan beliau semuanya adalah pencerminan pemimpin yang adil bagi rakyatnya. Kesederhanaan beliau juga pencerminan dari perjuangan rasulullah SAW tatkala diangkat sbg pemimpin kaum muslimin. Jgn harap pemimpin diindonesia akan seperti beliau. Indonesia terlalu menjaga gengsinya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sementara ini emang kita rada pesimis dg adanya kepemimpinan yg sederhana dan pro rakyat,
      namun kita jangan hilang harapan, semoga ada dari anak-anak kita nantinya yg akan jadi pemimpin ideal,
      semua tergantung dan dimulai dari pendidikan keluarga yang baik dg keteladanan yg sempurna tentunya.

      Hapus
  4. penjelasan yang komplit Kang, wawasan saya menjadi bertambah pada sosok yang memiliki pendirian yang kuat di tengah berbagai tekanan

    BalasHapus
  5. coba sby kayak gitu, jadi indo gmn y nasibnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu setiap pejabat akan pikir panjang jika mau mewah-mewahan palagi klo mo korupsi....

      Hapus
  6. Mas,,,mengilhami sosok Presiden ini ya.Saya ajungi jempol mas,,,jarang orang kita Indonesia banyak mempelajari sosok orang terpimpin dan pemimpin terbaik dari luar negara kita.:)

    BalasHapus
  7. Kesederhanaan inilah yang seharusnya menjadi contoh bagi semua kepala negara di dunia agar tidak menghamburkan uang rakyat dengan berbagai macam alasan kenegaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar akhi.....teladan yang jarang wujudnya sekarang ini...

      Hapus
  8. kesederhanannya sangat menginspirasi. mirip dahlan iskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat menginspirasi namun sangat susah utk mengaplikasikannya,
      bersederhana dalam kondisi "sangat" mudah utk bermewah memang prestasi yang luar biasa dan dimiliki oleh orang yang luar biasa...

      Hapus
    2. artinya pengendalian diri pada beliau, sangat mumpuni.

      Hapus
    3. ya benar sekali pak Zach,
      pengendalian dari dalam dengan kesadaran akan keutamaan kesederhanaan dan tentu jga didorong prilaku agung teladan utama dari pendahulunya yaitu Al-Musthafa Muhammad SAW...

      Hapus
    4. berulang saya membacanya dan nggak pernah bosen nih postingan.

      Hapus
  9. wah,,,mantab,....jarang yang ada kaya gini,sampe" presiden tidur di ruang tamu,hehehehe...
    salut salut,... 5 jempol buat Anda,
    pinjem 1 jempol lagi ya.hehehe

    BalasHapus
  10. sob,,,coba artikel ini di perluaskan sampe ke websitenya pemerintah RI,gimana sob,bisa gak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum kepikiran kang.....he.he.he..

      Hapus
    2. harus di pikirin sob,cari tau cara ngejebol masuk ke website RI, kaya di film holywood gitu, FBI aja website nya bisa di tembus,masa RI gak bisa sob,hehehe...

      Hapus
  11. Boleh di bilang seribu satu ada pemimpin seperti itu ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. langka kang,
      klo pun ada mungkin yg banyak Pemimpin rumah tangga...he.he.he..

      Hapus
    2. jiah,,,pemimpin rumah tangga aja masih ada yang suka korupsi waktu sob,misalnya sang ayah pulang kerja jam 4,,eh,sampe rumah jam 12 malem,kemana aja tuh,,,hahahay...belum lagi si ibu,anggaran belanja 50ribu sehari bilangnya 80ribu,yang 30ribu masuk kemana tuh?trs anak-anaknya,ongkos sekolah 20ribu masih minta nambah buat inilah itulah,,padahal buat ke warnet maen game online,waduh,,,bener" gak bakal bisa bersih dah...

      Hapus
  12. Balasan
    1. gak lengkap banget,
      namun yg penting keteladanannya sob.

      Hapus
    2. patut dicontoh buat negara sebesar indonesia sob

      Hapus
  13. Semoga dengan kesederhanaannya presiden ini bisa membawa makna dan kepemimpinan yang selalu diridloi Allah swt.
    selamat dan sukses dengan postingan barunya sobat.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja ,
      kesederhanaan merupakan salah satu elemen dari sekian banyak syarat menggapai ridho Allah,
      namun kesederhanaan jadi modal dasarnya...

      Hapus
  14. Sifatnya hampir mirip dgn nabi Muhammad s.a.w, gk mau bermewah-mewah-an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, memang selayaknya Nabi Muhammad SAW jadi teladan utama

      Hapus
  15. . . wachhhhhhhhhhhhhh,, seandenya di negara kita ini presiden nya kayak gitu. tapi kayaknya gak mungkin dech. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bolehlah kita berandai-andai dulu,
      tidak mustahil di negeri ini nantinya akan ada pemimpin yg sederhana dan bersahaja serta pro rakyat secara real....
      atau mungkin saja nantinya calon pemimpin itu berasal dari putra-putri mbak VPie kelak.....he.he.he....#mendoakan saja

      Hapus
    2. . . amieeennn,, he..86x. tapi ya mz,, pean pernah liat film nya Raden Kian Santang gak?!? itu bapaknya Prabu Siliwangi, itu kayaknya pemimpin yg slalu mementingan rakyatnya. sampe^ dia rela langsung kelapangan untuk melihat rakyatnya, namun jika dibandingkan dengan sekarang ini. pasti kalo ma langsung ke lapangan slalu dengan cara yg terbuka agar dipuji. he..86x . .

      Hapus
    3. pernah sih mbak 3 atw 4x nonton, namun sayang nilai pendidikannya minim, lebih kental dg perbutan kekuasaan dan saling hasud & jg alur ceritanya berbeda dg aslinya,
      Kita memang merindukan sosok pemimpin yg pro rakyat, ya semua itu kita bentuk dari keluarga kita dg mendidik anak2 kita nantinya agar berjiwa sosial yg tulus dan dibiasakan hidup sederhana..bila ia jadi pemimpin kelak tentu sudah tertanam ketulusan dan kesederhanaan.

      Hapus
  16. di dalam dunia yg materialistis seperti skg ini, ternyata masih ada seorang yg patut menjadi tauladan bagi kita ya sob, nice artikel sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesederhanaan beliau layak jadi contoh...namun teladan utama kita adalah Nabi Muhammad SAW

      Hapus
  17. Wahh,, mantap banget presiden seperti ini, peduli sama rakyat2nya, tanpa bermewah2an.. /Mmm..

    BalasHapus
  18. patut untuk ditiru kesedehanaan presiden seperti itu, untuk presiden2 lainnya..
    coba aja presiden kita kek gtu ya.

    BalasHapus
  19. saya membayangkan seandainya saja Indonesia memiliki seorang presiden seperti presiden Iran ini.... semoga saja kelak ada ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah,
      semua itu bisa terwujud bila semua masyarakat Indonesia dibiasakan hidup sederhana....

      Hapus
  20. sosok pemimpin yang sederhana dan merakyat,patut jadi suritauladan di negara kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesederhanaan seorang pemimpin yg layak ditiru akhi, perkara yg langka di negeri kita ini....

      Hapus
  21. trgn pemimpin Malaysia seperti ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. -@Bayu Handono :
      "ya Mas Bayu, selamat berknjung"

      -@LadyBird :
      "semoga harapannya kelak trwujud"

      Hapus
  22. salam ustaz.. ustaz, boleh x tolong like page lady : https://www.facebook.com/fathumohamadphotography

    BalasHapus
  23. kira-kira kapan yah di sini presidennya bisa seperti itu?!?! :(

    BalasHapus
  24. tambahan sob, itu salah satu contoh seorang pemimpin yang di nanti surga, surgapun kangen orang" seperti itu,

    BalasHapus
  25. seorang yang bner2 mulia hati nya,,,

    BalasHapus