ARTI PSIKOLOGI

arti-dan-pengertian-psikologi
DARUSSALAM OKU SELATAM - Psikologi dalam istilah lama disebut ilmu jiwa itu berasal dari kata bahasa inggris psychology. Kata psychologi merupakan dua akar kata yag bersumber dari bahasa Greek (Yunani), yaitu: 1) Psyhe yang berarti jiwa; 2) logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah p-sikologi memang berarti ilmu jiwa.

* Crow & Crow
Pschycology is the study of human behavior and human relationship.
(Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

* Sartain
Psychology is the scientific study of the behavior of living organism, with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

* Bruno (1987)
Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

* Chaplin (1972) dalam Dictionary of psychology
Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

* Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981)
Psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.

* Richard Mayer (1981)
Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

Psikologi Perkembangan
Psikologi Perkembangan adalah sub-disiplin dari ilmu psikologi. Ilmu psikologi didefinisikan sebagai ‘studi sistematik tentang proses bertingkah laku’ (Behavioral processes).

Perkembangan tingkah laku / perilaku dapat ditinjau dari 2 sudut, yaitu:
1. Secara filogenetik: mempelajari perkembangan perilaku dari satu species ke species yang lain, yang berarti dari species yang masih primitif menuju ke species yang lebih berkembang.

2. Secara ontogenetik: mempelajari perkembangan perilaku dari seorang individu sepanjang hidupnya(life-span), yang berarti dari sejak konsepsi sampai saat meninggal.

Psikologi Perkembangan yang tepat dan spesifik adalah: Studi sistematik tentang perkembangan perilaku manusia secara ontogenetik, yaitu untuk mengerti proses-proses yang mendasari perubahan-perubahan yang terjadi, baik perubahan dalam tingkah laku maupun dalam kemampuan, yang berkaitan dengan bertambahya usia.
Diposting oleh NEDI ARWANDI
Blogger Muaradua OKU Selatan Updated at: Kamis, 16 September 2010

Posted by : Nedi Arwandi ~ Blogger Muaradua OKU Selatan

nedi-arwandi Kunjungan Anda sangat berharga buat kami. Saran dan ide Anda, kami harapkan untuk perbaikan situs ini. Bila Anda menyebarkan informasi yang berasal dari situs ini diharapkan mencantumkan tautan link aktif ke sumber postingan pada situs ini. Jazaakumullah Khairal jazaa'.SEMOGA TERJALIN PERSAUDARAAN YANG ERAT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar